Kamu Harus Tahu! Komposisi Baja Ringan Untuk Tahan Cuaca

Satu diantaranya bahan kerangka atap yang dapat Anda pilih sekarang merupakan baja ringan yang punya kebolehan hamper kedua kalinya lipat dari baja konservatif, tetapi enteng.

Atap suatu bangunan bisa berdiri dengan kukuh sebab ditopang oleh rangka atap yang terbagi dalam kuda-kuda, gording, serta usuk/kasau. Bahan material susunan ini pada umunya gunakan bahan kayu atau baja.

Simak Juga :  Atap baja ringan

Sekarang ada material alternative buat rangka atap yang dibuat dari baja. Akan tetapi material baru ini bukanlah baja konservatif yang bertambah diketahui dengan baja profile WF atau profile siku.

Baja baru ini dimaksud baja ringan. Apa perbedaannya baja ringan ini dengan baja biasa? Menurut Martha L. Aswini (Pemasaran Pimpinan BlueScope Lysaght—produsen baja ringan Smartruss), baja ringan merupakan baja yang dibuat dari baja CRC (cold rolled coil).

Sebab beratnya enteng, karenanya dia dimaksud baja ringan. Tetapi jangan salah, sekalinya beratnya enteng, kekuatannya melewati baja konservatif.
Baja style ini punya kuat tarik (tensile strength) sebesar 550 MPa (5500 kg/cm2).

Baca Juga : kuda kuda baja ringan

Dan baja konservatif punya kuat tarik cuma sebesar 240 Mpa. Sebab punya kuat tarik 550 Mpa ini karenanya baja ringan dimaksud dengan juga baja Hi-Ten G550. Soal yang kerap dihadapi baja konservatif merupakan karat.

Disinilah letak kelebihan baja ringan ini. Supaya bertambah tahan pada cuaca, baja ringan dilapis bahan antikarat.

Bahan pelapis ini dapat beraneka macam, ada yang berbentuk bahan galvanis (seng) atau bahan gabungan di antara aluminium, seng, serta silikon.

Gabungan ke-tiga bahan itu dimaksud dengan zincalume yang punyai susunan 55% aluminium, 43,5% seng, serta 1,5% silicon alloy.

Hasil susunan ini membuahkan bahan yang kuat tetapi tahan pada gempuran karat.

Susunan ini dipatenkan oleh BlueScope Steel, produsen baja ringan lapis dengan brand Zincalume supaya tak diperlukan oleh produsen lain.

Kalau ada produsen yang lain dapat gunakan harus mendapati lisensi dahulu dari BlueScope Steel.

Zincalume yang diperlukan oleh BlueScope Steel ini bahwasanya bukan bahan fundamen baja ringan, tapi cuma untuk pelapis.

READ  Cat Pot Tanaman Efek Batu Alam Ini Bikin Estetik Loh

Bahan terpentingnya merupakan baja CRC sama yang udah dikatakan di atas.