10 Macam Jenis Kabel Listrik Ini Harus Kamu Tahu!

Kabel listrik sebagai elemen yang tidak dapat terlepas dari tiap kesibukan kita keseharian. Dimulai dengan hidupkan lampu, pemenuhan daya HP, hidupkan benda elektronik, sampai kesibukan di dapur. Ini lantaran kegunaan pokok dari kabel listrik jadi penghantar listrik.

Kalau kita memandang sesaat, semua kabel listrik yang ada pada kurang lebih kita dapat tampak sama. Meski sebenarnya beberapa jenis kabel listrik sangatlah bermacam. Jumlah style kabel ini sesuai dengan kepentingan. Jangan pernah Anda salah beli style kabel, lantaran dapat menyebabkan fatal.

Menurut tegangannya, kabel listrik dibagi jadi tiga, adalah kabel listrik tegangan rendah, tegangan menengah, serta tegangan tinggi. Fisik dari kabel listrik dipisah jadi dua, adalah isolator serta konduktor.

Isolator merupakan sisi pembungkus kabel yang tidak menghantarkan listrik. Rata-rata isolator ini dibuat berbahan termoplastik. Sedang konduktor merupakan sisi kabel yang berperan untuk menghantarkan saluran listrik. Sisi ini rata-rata dibikin dari tembaga atau alumunium. Berikut di bawah ini beberapa jenis kabel listrik yang harus Anda kenali.

NYA serta NYM
1. NYA
Beberapa jenis kabel listrik yang pertama merupakan style NYA. Style kabel listrik ini diperlukan dalam instalasi rumah serta mode tenaga. Dalam instalasi rumah biasa gunakan kabel NYA dengan ukuran 1,5 mm2 serta 2,5 mm2.

Style kabel NYA dilapis bahan isolasi PVC dengan code warna isolasi berwarna merah, kuning, biru, serta hitam. Style kabel listrik ini umum digunakan di perumahan lantaran harga yang relatif murah.

Kabel ini baiknya terpasang dalam pipa/conduit style PVC atau aliran tertutup supaya tidak jadi arah gigitan tikus. Tidak hanya itu, kalau isolasi pada kabel mengelupas, tak kan tersentuh langsung oleh orang.

2. NYM
Beberapa jenis kabel listrik yang ke dua merupakan NYM. Style kabel listrik ini kerap diperlukan untuk kabel instalasi listrik pada rumah atau gedung serta mode tenaga. Style kabel listrik NYM punyai susunan isolasi PVC yang kebanyakan memiliki warna putih atau abu-abu. Style kabel ini ada yang berinti 2, 3 atau 4.

READ  Keunggulan Kayu Bermutu Harga Bersahabat, Plywood

Kabel NYM punyai dua susunan isolasi, maka dari itu tingkat keamanannya lebih bagus dari kabel NYA. Style kabel listrik ini bisa diperlukan di lingkungan yang kering serta basah, tapi jangan ditanam.

NYY serta NYAF
3. NYY
Beberapa jenis kabel listrik yang ke-tiga merupakan style NYY. Style kabel listrik ini diperlukan untuk instalasi konsisten di tanah dimana perlu selalu diberi perlindungan teristimewa yang dapat berbentuk duct, pipa PVC atau pipa besi.

Instalasi kabel ini dapat di letakkan di serta di luar tempat, pada situasi lembab maupun kering. Style kabel ini punyai susunan isolasi PVC yang kebanyakan memiliki warna hitam, serta berinti 2, 3 atau 4.

4. NYAF
Beberapa jenis kabel listrik yang seterusnya merupakan style kabel NYAF. Style kabel ini dianjurkan untuk instalasi dalam kabel kotak distribusi pipa atau di duct. Kabel NYAF sebagai style kabel fleksibel dengan penghantar tembaga serabut berisolasi PVC.

Lantaran style kabel ini fleksibel, kabel style ini pas terpasang pada tempat yang punya belokan-belokan tajam. Style kabel listrik ini diperlukan pada lingkungan yang kering serta tidak pada situasi yang lembab/basah, atau yang terserang efek cuaca dengan cara langsung.

NYFGbY serta NYCY
5. NYFGbY /NYRGbY/NYBY
Beberapa jenis kabel listrik yang sesudah itu style kabel NYFGbY. Style kabel listrik ini dibikin teristimewa untuk instalasi konsisten di tanah yang ditanam langsung tidak dengan butuh perlindungan penambahan. Tapi kalau penempatan mesti melewati jalan, dapat ditambah perlindungan lain.

6. NYCY
Beberapa jenis kabel yang seterusnya merupakan style NYCY. Style kabel listrik ini didesain jadi jaringan listrik penghantar konsentris di tanah, dalam tempat, aliran kabel serta alam terbuka. Style kabel ini dilapis dengan dua lapis pelindung pita kabel. Instalasi kabel ini dapat di letakkan di luar atau di bangunan, baik pada situasi lembab ataupun kering.

AAAC serta ACSR
7. AAAC
Beberapa jenis kabel yang sesudah itu style kabel AAAC. Style kabel listrik ini dibuat dari aluminium-magnesium-silicon gabungan logam. Kabel ini rata-rata dibikin dari gabungan aluminium 6201. Style kabel AAAC punyai karakter yang anti karat serta kebolehan yang baik, maka dari itu daya hantarnya juga lebih bagus.

READ  Memaksimalkan Interior Rumah Anda Agar Lebih Nyaman

8. ACSR
Style kabel listrik ACSR sebagai kawat penghantar yang terbagi dalam aluminium berinti kawat baja. Style kabel ini punyai daya tarik yang tinggi maka dari itu dapat diperlukan untuk saluran-saluran transmisi bertegangan tinggi, dimana kabel ini di tempatkan di menara/tiang yang jaraknya berjauhan sampai beberapa ratus mtr..

NYMHYO serta NYMHY/NYYHY
9. NYMHYO
Style kabel listrik NYMHYO sebagai style kabel serabut yang berintikan dua serabut. Kabel ini rata-rata diperlukan untuk soundsystem, loudspeaker, serta virtual video. Kabel NYMHYO tidak dibentuk untuk instalasi listrik dengan tegangan besar serta pemanfaatannya cuma untuk di tempat.

10. NYMHY/NYYHY
Style kabel listrik yang terkahir merupakan NYMHY/NYYHY. NYMHY berwarna putih serta NYYHY berwarna hitam. Style kabel ini rata-rata diperlukan untuk instalasi dalam rumah yang tidak permanen, lantaran pembawaannya yang fleksible serta tidak simpel patah.

Kabel style ini teristimewa dianjurkan jadi penghubung beberapa alat rumah tangga yang kerap dipindahkan ganti serta mesti pada tempat kering. Kabel ini punya isolasi plastic tahan panas sampai 85 derajat celcius.